Resensi
Top News

Kamu Harus Tahu Trik Menulis Resensi Ini

Posted by: melati 16/10/2019 No Comments
trik menulis resensi

Menulis resensi mengenai sebuah buku tidak semudah membacanya. Banyak aspek yang membuat reviewer malah hilang arah dan berakhir menjelaskan panjang lebar yang tak perlu. Kamu bisa gunain tips di bawah ini buat tugas resensi sekolah atau resensi singkat tentang buku yang sudah dibaca di Instagram dan Goodreads kamu.

Mulai dengan Paragaraf Singkat Mengenai Plot

Tanpa spoiler atau membeberkan plot twist! Petunjuk umumnya, kamu harus menghindari menceritakan secara detil mengenai buku tersebut dari bab tengah sampai akhir. Usahakan pendek dan singkat karena ringkasannya toh bisa dicari di mesin pencarian.

Pilih Aspek Paling Penting

Kamu bisa memilihnya dari segi karakter, world-building, tema, dan plot. Dapat juga dipilih berdasarkan genre atau kesukaan kamu. Dedikasikan satu paragraf untuk masing-masing aspek penting tadi. Kamu bisa menggaris besari apa yang kamu suka dan apa yang kamu ga suka. Diskusikan juga dalam paragraf bagaimana penulis buku mengolah cerita.

Masukkan Kutipan Sebagai Contoh

Memasukkan kutipan ke dalam review-mu selalu jadi langkah yang bagus! Misalnya sebuah karakter punya sifat jahil dan tengil, kamu dapat meng-quote kalimat langsung dari karakter tersebut supaya pembaca juga tahu seberapa jahil karakter tersebut.

                Tapi hati-hati: quote yang terlalu panjang malah bakal membuat ulasan bukumu jadi tidak menarik. Cuplikan kalimat yang pendek namun berkarakter akan membuat resensi yang kamu tulis jadi makin asik.

Kesimpulan yang Ringkas

Jangan lupa tulis opini kamu soal buku yang kamu baca! Pembaca terkadang mencari pendapat pembaca lain mengenai buku yang mereka incar. Kamu harus menyatakan sejujurnya apa yang kamu rasakan mengenai plot dan cerita yang ada di dalam buku.

Sodorkan Buku Sejenis

Cara terbaik untuk mengakhiri ulasan atau resensi bukumu adalah dengan merekomendasikan buku lain yang mirip dengan buku yang kamu ulas. Kamu bisa rekomendasikan dengan, “….kalau kamu suka karakter superhero di buku X, maka kamu bakal suka karakter utama di buku ini!”

Beri Rating

Rating bintang tidak terlalu penting, tapi bisa menarik perhatian pembaca resensimu. Kalau kamu ingin memberi rating, kamu bisa pakai cara konvensional “5/5bintang”. Atau kamu bisa pakai cara unik dengan menyertakan hal penting di dalam buku tersebut misalnya “I love you 3000/10 bintang”.

Sekarang Tulis Resensimu!

Author: melati

Leave a Reply

×