UID360: Aplikasi untuk Memperkuat Toleransi

Posted by: melati 26/12/2018 1 Comment
Aplikasi Toleransi

Keragaman Indonesia

Kaum milenial tentu tidak asing dengan VR360, bukan? Dengan teknologi yang semakin maju dan canggih, kini segala macam footage audiovisual–mau itu audiovisual buatan, dalam artian footage fiksi, maupun footage yang diambil dari dunia nyata—bukan hanya dapat kita lihat, namun juga dapat kita rasakan. VR360 yang memiliki arti Virtual Reality 360 degree merupakan simulasi yang diolah sedemikian rupa sehingga pengguna bisa merasakan langsung keadaan yang disajikan oleh sebuah footage. Dalam artian, mau kamu menengok kanan, kiri, atas, bawah, ataupun berputar kepala, kamu akan serasa berada di dalam dunia footage tersebut. Sangat canggih dan menyenangkan, bukan?

Sehubungan dengan itu, kami memanfaatkan kemajuan zaman ini dengan menghadirkan fitur VR360 kepada buku-buku kami yang baru meluncur. Buku-buku tersebut yaitu MEYAKINI MENGHARGAI dan MERAYAKAN KERAGAMAN. Buku-buku ini diterbitkan dengan hasil kolaborasi antara Penerbit Exposé, Convey Indonesia, dan PPIM UIN Jakarta dengan tujuan untuk Indonesia yang saling meyakini dan menghargai.

Toleransi Generasi Muda

Meskipun suku dan budayanya sangat beragam, ditambah lautan yang memisahkan antar pulau-pulau, Indonesia terkenal akan keramahan dan toleransi yang tinggi. Namun, mengapa akhir-akhir ini persentase intoleran melonjak dan agama dijadikan sebagai agenda politik? Padahal, setiap budaya dan agama memiliki ajaran dasar yang sama persis; kebaikan dan saling menyayangi, tidak peduli latar belakang orang lain.

“Tak kenal maka tak sayang”, mereka bilang. Pengetahuan dan saling mengerti adalah kunci dari hidup toleransi. Buku-buku ini hadir sebagai asupan untuk semua pemeluk agama dan kepercayaan. Dengan buku-buku ini, seorang pemeluk kepercayaan akan bisa mengerti dan memahami seluk beluk kepercayaan lain. Dengan begitu, akan muncul rasa empati dan saling menghargai antarsesama. Selain itu, dengan buku ini kalian diharapkan akan mempunyai perspektif yang semakin beragam dan luas. Tidak seperti katak di dalam tempurung yang terjebak hanya dalam satu perspektif sempit.

Untuk menambah pengalaman para pembaca akan keberagaman yang ada di negara tercinta kita Indonesia, buku-buku tersebut dilengkapi fitur UID360 di mana kita bisa merasakan suasana rumah ibadah setiap agama dengan foto dan video 360. Pernahkah kalian berpikir atau punya keinginan mengunjungi tempat ibadah agama lain? Atau penasaran ingin tahu tempat ibadah agama lain, tapi sungkan mengunjunginya? Kalau begitu, aplikasi UID360 ini sangat cocok untuk kalian!

Dengan aplikasi UID360, kalian bisa berkunjung tanpa merasa malu ke rumah-rumah ibadah di Indonesia, yakni,(1) Masjid Istiqlal, Jakarta; (2) Gereja Katedral, Jakarta; (3) GBIP Immanuel, Jakarta; (4) Pura Parahyangan Agung Jagatkarta, Bogor; (5) Vihara Arya Dwipa Arama, Jakarta; dan (6) Klenteng Kong Miao, Jakarta. Hanya dengan bermodalkan smartphone, maka kalian sudah bisa “berkunjung” dari rumah kalian masing-masing.

Semoga sikap intoleran akan musnah dan semua orang bisa hidup berdamping-dampingan tidak peduli latar belakang yang orang lain miliki. Salam BerAGAMA!

Author: melati

Leave a Reply

1 Comment

×