Pemimpin Sederhana

Pemimpin yang Sederhana

Apa yang terpikir di benak Anda jika mendengar kata chief executive officer (CEO)? Ini jabatan tertinggi di perusahaan yang biasanya berhak dengan segala fasilitas serba-kelas satu. Namun, CEO yang satu ini memberi contoh tentang gaya hidupnya yang sederhana. Dia adalah Haruka Nishimatsu, CEO Japan Airlines (JAL)

Saat menjabat sebagai CEO JAL, Haruka Nishimatsu memberikan contoh tentang gaya hidup sederhana kepada bawahannya. Setiap hari, ia berangkat kekantor menggunakan bus umum, tidak mnggunakan mobil pribadi. Ruang kerjanya pun begitu sederhana, ia bekerja di ruangan terbuka dan karyawan lain bisa lalu lalang di depannya.

Saat makan siang ia akan makan di kantin karyawan , dengan menu makan siang yang sama dengan karyawan lainnya. Bahkan ketika mengambil makan siang, ia mengantre berbarengan dengan karyawannya.

Sikap sederhana itu dilakukan Nishimatsu ketika JAL tengah menghadapi masa-masa sulit. Karena masalah keungan, JAL terpaksa melakukaan efisiensi, memangkas sejumlah fasilitas dan gaji para petinggi JAL termasuk gajinya sendiri.

Kesederhanaan Haruka Nishimatsu tidak hanya menjadi teladan bagi JAL dan seluruh karyawannya, tetapi juga bagi CEO-CEO lain yang hidupnya masih bergelimang kemewahan, padahal perusahaanya sedang sekarat.

Tindakan Haruka Nishimatsu ini merupakan contoh peran seorang pemimpin yang baik, yang memberi teladan, walk the talk. Pemimpin yang baik bisa mengubah arah perusahaan dan membawa karyawannya untuk maju bersama perusahaan.

— Disadur dari buku SELF DISRUPTION karya Rhenald Kasali

Tinggalkan Balasan