Domino’s Pizza , sang Disruptor

Apabila ingin makan pizza, pasti yang terpikir di kepala kita adalah Pizza Hut. Di TV banyak iklan Pizza Hut, ke mana pun kita pergi pasti ada gerai Pizza Hut. Namun, itu dulu. Sekarang bila ingin makan pizza, tidak hanya Pizza Hut yang terpikir, ada Domino’s Pizza.  Perusahaan asal Amerika tersebut membuka gerai pertamanya pada 2008 di Indonesia, dan keberadaannya membuntuti Pizza Hut.

Di Amerika, persaingan antara Pizza Hut dan Domino’s berlangsung cukup ketat. Sampai-sampai inc-asean.com menyebutkan , Domino’s Pizza mengalahkan Pizza Hut sebagai “Raja Pizza”.

Disruptor Dunia Pizza

Apa rahasia mereka sehingga menjadi nomor satu? Menurut CEO Domino’s, Patrick Doyle, pemesanan digital dan delivery adalah kunci keberhasilan mereka. “Kami memiliki basis pelanggan melalui jaringan digital kami. Para analis kami dengan giat menghadirkan  tawaran-tawaran menarik bagi pelanggan kami. Yang penting bagaimana mengoptimalkan pelanggan kami,” ujar Patrick.

Sebagai informasi, Domino’s Pizza berdiri sejak 1960, perusahaan ini dikenal sebagai pemimpin dalam pizza delivery dan teknologi pemesanan secara digital di dunia dengan bisnis utama dalam carryout pizza

Dalam era disrupsi saat ini, Domino’s Pizza telah menjadi disruptor. Mereka menawarkan sesuatu yang berbeda melalui pemesanan digital via aplikasi dan situs web pada saat kompetitor mereka belum melakukannya. Terbukti ini menjadi penting pada era serba-instan sekarang, saat orang memesan makanan cukup dari telepon pintar mereka.

Dalam buku Tomorrow Is Today, Rhenald Kasali mengatakan bahwa disruption ialah perubahan secara radikal. Hadapi dan beradaptasilah. Hanya dengan cara itu, bisnis Anda mampu bertahan sampai jauh ke depan. Bagi Dominos’s, mereka mengawali pemesanan digital, tapi tidak menutup kemungkinan tak lama lagi akan ada disruptor baru dengan teknik baru yang lebih menarik untuk mengalahkan para pemain lama ini.

Jadi, siapkah Anda menjadi disruptor?

Sumber:

https://www.inc.com/chris-matyszczyk/dominos-just-overtook-pizza-hut-as-worlds-biggest-heres-1-reason-pizza-hut-lost.html?cid=search

Tinggalkan Balasan