Resensi

Catatan Buku Sentra

Posted by: melati 19/12/2019 No Comments
sentra catatan

Setelah memilah – milah buku yang ada di rak buku Gramedia Matraman pada kumpulan pendidikan anak, ada satu buku yang lain dari pada biasanya. Buku Rhenald Kasali series on education, SENTRA, menurut saya ini hal baru bagi pak Rhenald mengkaji dunia pendidikan anak usia dini, yang biasanya karya – karya beliau selalu bertemakan manajemen dan memang cukup menarik isi dari buku “SENTRA Membangun Kecerdasan dan Kemampuan Anak Sejak Usia Dini, Demi masa depan yang Cemerlang”.  

Buku setebal 333 halaman ini lebih banyak bercerita tentang perjalanan hidup seorang Wismiarti Tamin dalam menemukan metode pendidikan yang diperlukan untuk anak – anak indonesia. Jadi menurut saya buku yang di sajikan pak Rhenald sebagian isinya lebih kepada pengalaman perjalanan ibu Wismiarti Tamim menemukan metode sentra. Siapa kah ibu Wismiarti Tamim ini, beliau adalah tokoh pendidikan dan perintis metode sentra di indonesia. Berangkat dari kegelisahan ibu Wismiarti ini metoda sentra berkembang menjadi bibit metode – metode pendidikan anak usia dini di indonesia.

Dalam buku tersebut disajikan kisah ibu Wismiarti ketika menjadi tenaga kesehatan untuk laboratorium doping milik Pemprov DKI jakarta, saat beliau melakukan test seleksi pegawai untuk laboratorium tersebut, yang bekerjasama dengan pihak konsultan ternyata tanpa disangka – sangka dengan level pendidikan yang tinggi tidak menjamin kejujuran dan kemampuan seseorang dalam bekerja sama.

Begitu singkatnya hasil seleksi konsultan yang bekerjasama dengan wismiarti. Sehingga dalam perjalanan tersebut ibu Wismiarti mulai berfikir keras, sisi mana yang harus dibangun untuk pendidikan ini?. Beliau tersadar bahwa pendidikan karakter adalah bagian dari cara membentuk perilaku dan sikap sesorang.

Mengenal Metode Sentra

Metode sentra merupakan metode pendidikan anak yang diadopsi dari Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di florida, Amerika Serikat. Sumbernya ialah dari Dr. Pamela Phelps seorang pakar pendidikan yang sudah bergelut melakukan penelitihan pendidikan anak puluhan tahun. Dalam prakteknya mendidik anak itu bagaimana kita merasakan apa yang diinginkan anak dengan menstimulus karakter – karakter yang harus dibangun dan cara berfikir anak yang perlu dikembangkan.

Pada metode sentra yang saya baca dalam buku tersebut ialah anak – anak dididik dengan cara bermain, memahami kehidupan mahluk hidup dan alam serta seni yang mampu membangun kepribadian anak. 

Buku yang berbeda dari serial pendidikan anak yang sering saya baca, buku ini menyajikan permainan balok menjadi bagian dari cara mendidik sikap dan cara berfikir anak, dan tentu saja bagaimana membangun sosok manusia yang multiple intelligences dijelaskan penulis dengan baik serta keterampilan kunci yang harus dimiliki seseorang untuk sukses

Skill hidup ini potensial membantu anak sukses secara sosial, emosional, dan intelektual dalam jangka pendek dan panjang. Semua orang dewasa bisa mengajarkan skill ini dan semua anak bisa mempelajarinya. Selain itu, tak ada kata terlambat untuk mempelajari skill ini” 

Ellen Galinksy

Saya berfikir, buku ini sangat perlu diketahui dan dibaca oleh kaum pendidik dan orang tua. karena cara membangun karakter anak dan cara berfikir anak harus dibangun dan dimulai dari sedini mungkin. Agar kelak ketika anak mulai besar nanti tidak ada lagi ucapan dan perilaku berbohong serta perilaku buruk lainnya.

Dan dalam buku tersebut ibu Wismiarti memberikan perhatian lebih kepada guru atau pendidik dalam mengimplementasikan metode sentra, sampai – sampai beliau memberikan bimbingan khusus guru PAUD-nya untuk belajar ke Florida. Metode Sentra sangat bagus untuk pendidikan anak – anak kita.

Resensi dari Muhammad Rifai

Author: melati

Leave a Reply

×