Top News

Banyuwangi: Mendobrak Citra dengan 99 Festival

Posted by: melati 07/10/2019 No Comments
banyuwangi

Sebagai kota yang dahulu dikenal hanya sebagai kota singgah wisatawan yang ingin ke Bali, Banyuwangi telah menjadi kabupaten atraksi terbesar di Indonesia. Taman Nasional Alas Purwo menjadi lansekap hijau terbesar di Banyuwangi berbarengan dengan Kawah Ijen yang melegenda. Pemandangan alam yang dimiliki kota di bagian timur pulau Jawa ini tidak kalah dibandingkan kota Metropolis Surabaya.

Sosok dibalik bangkitnya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dari citra buruk adalah Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Inovasi yang diciptakan mampu membuat Banyuwangi memiliki citra positif dan memenangi berbagai penghargaan pariwisata baik di dalam negeri maupun di luar. Salah satunya dengan festival rakyat seperti Banyuwangi Ethno Carnival. Sejak pertama menjabat, Azwar Anas mendapat banyak tantangan. Mulai dari tuntutan warga saat merapikan PKL hingga pembuatan bandara skala internasional.

Kota 99 Festival

                Kementrian Pariwisata menganugerahi Banyuwangi sebagai kota Festival Terbaik. Prestasi ini disematkan karena Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membuat peningkatan acara pariwisata setiap tahunnya. Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta menyebutkan Banyuwangi pada tahun 2019 mencanangkan 99 festival. Banyuwangi tahun ini memiliki serangkaian acara pariwisata yang dihimpun dalam ‘Majestic Banyuwangi Festival 2019’. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjelaskan festival tersebut menampilkan 99 acara yang disuguhkan selama 2019.

                Ini adalah era #MO di mana berbagai model bisnis sudah irrelevan. Jika pemimpin pemerintahan menggunakan metode-metode lama, Banyuwangi tidak akan memiliki inovasi baru. Cara-cara lama akan terus digelontorkan tanpa mengetahui jika di jaman digitalisasi semua bergerak dinamis dan aktif.

                Inovasi-inovasi cerdas tanpa mobilisasi aktif dan orkestrasi yang tepat tidak akan mendapat hasil yang diharapkan. Mobilisasi melalui sosial media aktif dilancarkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Tagar mengenai acara budaya disematkan dalam setiap postingan yang akhirnya akan diretweet dan repost oleh banyak pengguna dari Banyuwangi sebagai kampung halamannya.

                Azwar Anas sebagai sosok influencer yang penting juga turun mengorkestrasi  pariwisata Banyuwangi. Hasilnya? Tour de Banyuwangi Ijen menjadi salah satu event pariwisata terbesar dan mendapatkan penghargaan dunia. Festival-festival acara kebudayaan Banyuwangi yang tersebar cuplikan videonya di sosial media menjadi daya tarik masyarakat untuk datang berkunjung dan mengenal lebih jauh tentang Banyuwangi.

Author: melati

Leave a Reply

×